Senin, 14 Agustus 2017

Pekerjaan Marketing itu Seperti Apa

Pekerjaan Marketing itu Seperti Apa

Pekerjaan Marketing itu Seperti Apa - Pekerjaan paling utama SALES ya SALES.... benar tidak?...... bukanlah MARKETING dalam makna yang luas... karenanya bila ada yang ajukan pertanyaan pada kita beberapa SALES apa pekerjaan kita jadi katakan dengan lantang bila kita yaitu SALES serta teruskan apa product atau layanan yang kita jual. Bila kamu masih tetap malu mengatakan SALES karna berasumsi sales itu konotasinya seperti pedagang asongan serta kamu lebih pilih bersembunyi di balik label MARKETING jadi sebenarnya kamu telah membingungkan calon customer kamu yang mungkin saja waktu itu tengah memerlukan seseorang SALES. Tetapi tak tahu karna terasa malu mengakui SALES jadi orang sales sendiri relatif mengatakan dianya Marketing (harusnya sih marketer lebih pas) 

Apa lain SALES & MARKETING 

Sesungguhnya yang disebut dengan marketing yaitu keseluruhnya system dari aktivitas usaha yang diperuntukkan untuk berencana product, mengambil keputusan harga, mempromosikan product serta mendistribusikan barang yang mempunyai tujuan untuk memuaskan customer. Sedang sales adalah aktivitas yang cuma konsentrasi pada jual product, serta mempunyai tujuan untuk tingkatkan penjualan product saja. 

Dari pengertian yang ada, telah terang kalau sistem marketing lebih panjang serta lebih kompleks bila dibanding dengan sistem sales. Dalam kiat marketing, ada 4P bahkan juga ada yang memberikan hingga 7P, yang terbagi dalam product (product), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (sistem), people (orang), Physical evidence (bukti fisik). Sedang sales cuma jadi satu diantara sisi dari promotion (promosi), hingga tidak memerhatikan aspek beda yang bisa mendukung pemasaran. 



Ketidaksamaan setelah itu dalam kiat marketing, beberapa marketer atau pemasar senantiasa melindungi brand image product. Hingga customer mengambil keputusan untuk beli satu product karna sudah tahu kwalitas product serta image brand product itu. Sedang kiat sales yaitu mereka tidak mementingkan untuk melindungi image brand product, tetapi yang terutama mereka tawarkan pada pasar lewat cara memberitahukan keunggulan product, supaya customer tertarik serta beli produknya. Serta yang lebih menarik sekali lagi yaitu salesman tidak sempat pikirkan apakah customer terpuaskan atau tidak, yang terutama yaitu produknya laris terjual serta tujuan penjualan yang diputuskan perusahaan tercukupi. 

Walau demikian, terdapat banyak perusahaan yang jadikan sales jadi sisi dari marketing, namun masih tetap membedakan pekerjaan kerja mereka. Bila marketing konsentrasi pada rencana kiat pemasaran product yang sesuai sama 4P atau 7P sisi dari marketing mix, jadi sales juga akan mulai bekerja sesudah product telah siap di pasarkan. Jadi dapat disebut marketing adalah tim yang membuat kiat pemasarannya, sedang sales adalah tim pelaksananya. 

Ketidaksamaan sales serta marketing yang lain yaitu, kalau hubungan sales dengan customer dengan resmi memanglah cuma hingga sistem transaksi jual beli, kemudian sales tidak seutuhnya bertanggungjawab sekali lagi melindungi hubungan baik dengan customer tsb. Sedang hubungan marketing serta customer mesti tetaplah terbangun mulai dari sebelumnya transaksi, hingga sesudah transaksi paling tidak hingga masa garansi usai untuk melindungi kesetiaan customer. Tetapi seseorang Sales yang baik dia selalu meyakinkan bila customernya senang terutama untuk pembelian product yang memberi garansi seperti tempat tinggal atau mobil, sales mesti jadikan dianya jadi konsultan dari customernya bila customernya hadapi problem dengan product yang dibelinya. sales yang baik juga akan menolong customer memperoleh pertolongan yang dibutuhkannya serta meyakinkan bila problem customernya dikerjakan dengan baik serta memuaskan. 

cara kerja staff marketing


Untuk jadi SALES yang berhasil jadilah seseorang MARKETER. 

Loh kok marketer sekali lagi? Memanglah benar seseorang sales tugasnya pasarkan product atau layanan yang telah ada serta tawarkan segera pada tujuan marketnya. Umumnya semuanya sales tools telah disediakan perusahaan dari brosur, demo product, business card, leaflet dan lain-lain seseorang sales kasarnya tinggal berperang. Tetapi seseorang sales yang handal dia tidak cuma memakai tool standard yang disiapkan perusahaannya, dia harus juga mempunyai data base customer yang up to date, dia harus juga cermat memakai beberapa info yang mengedar di internet untuk jadi bahan rujukan atas kelebihan product atau layanan yang di jualnya. Jauh sebelumnya product baru di luncurkan seseorang SALES mesti telah sounding pada customernya maksudnya supaya sang customer tunda hasrat untuk beli product atau layanan yang serupa hingga product atau layanan perusahaannya masuk ke pasar. Dia memberi info info dengan on-line pada customernya hingga sang customer telah miliki bayangan kurang lebih seperti apa product yang juga akan di luncurkan tsb. 

Jadi SALES mesti dapat jadi MARKETER juga bila menginginkan berhasil berjualan, karna walaupun dengan official pekerjaan marketing adalah pekerjaan departemen beda seperti promosi serta PR tetapi dengan SALES juga turut bertindak aktif dalam bagian marketing jadi bisa di pastikan customernya akan tidak lari ke sales beda karna telah dari pertama ada dalam genggamannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar